Up | Down

UPHC5A3-biology11sem2. Diberdayakan oleh Blogger.
“Earth and sky, woods and fields, lakes and rivers, the mountain and the sea, are excellent schoolmasters, and teach some of us more than we can ever learn from books.” - John Lubbock
 

Welcome! enjoy our blog :)

SISTEM EKSKRESI

~ ~

Sistem ekskresi adalah sistem pengeluaran zat-zat sisa metabolism yang tidak berguna bagi tubuh dari dalam tubuh, seperti menghembuskan gas CO2 ketika bernafas, berkeringat, dan buang air kecil. 

SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA
Alat ekskresi pada manusia adalah hati, paru-paru, kulit, dan ginjal.

Ginjal
Fungsi ginjal adalah menyaring darah sehingga menghasilkan urine, membuang zat-zat yang membahayakan tubuh, membuang zat-zat yang berlebihan dalam tubuh, mempertahankan tekanan osmosis cairan ekstraseluler, mempertahankan keseimbangan asam dan basa, mengatur volume plasma darah dan jumlah air di dalam tubuh, dan menjalankan fungsinya sebagai hormone, dengan menghasilkan dua macam zat, yaitu renin dan eritropoitetin yang diduga memiliki fungsi endokrin.
Struktur ginjal  yaitu korteks(bagian luar ginjal), medulla(bagian dalam ginjal), dan pelvis(ruang kosong dalam ginjal). Pada bagian korteks terdapat nefron yang merupakan unit fungsinal dan merupakan struktur terkecil. Nefron tersebut terdiri dari dua unsur yaitu unsur epitel dan unsur pembuluh. Unsur epitel terdiri dari tubulus kontortus proksimal, tubulus kontortus distal, dan kantong henle. Pada bagian unsur pembuluh terdiri dari glomerulus, arterial yang terdiri aferen dan eferen, dan ada juga pembuluh tubuler. Nefron ada dua macam, yaitu nefron korteks dan nefron jukstamedula. Nefron korteks terletak di bagian korteks dan umumnya ditandai dengan adanya lengkung henle yang pendek. Nefron jukstamedula memilki glomerulus yang letaknya dibagian korteks dekat dengan bagian medulla serta memiliki lengkung henle yang panjang dan menjulur jauh ke dalam bagian medulla. Pada bagian medulla terdapat piramida ginjal dan piala ginjal yang banyak mengandung  pembuluh-pembuluh untuk mengumpulkan hasil ekskresi. Pembuluh tersebut berhubungan dengan ureter yang bermuara pada kantung kemih (vesica urinaria). Fungsi dari kantung kemih tersebut adalah sebagai tempat penampungan urin sementara. Sedangkan pelvis berfungsi menampung hasil ekskresi dari medulla lalu menyalurkan ke ureter kemudian ke kantung kemih.
Pada ginjal terjadi pembentukan urine. Proses pembentukan urine terdiri dari filtrasi, reabsorpsi, dan augmentasi. Proses pembentukan urine ini dibantu oleh hormone antidiuretic. Proses filtrasi terjadi di glomerulus di bagian korteks, menghasilkan urine primer yang masih mengandung glukosa, asam amino dan zat lain yang dibutuhkan tubuh. Reabsorpsi terjadi di bagian tubulus kontortus proksimal, distal, dan lengkung henle. Pada proses ini terjadi pengabsorpsian zat-zat yang masih terdapat pada urin primer seperti asam amino dan glukosa. Pada proses augmentasi terjadi penambahan zat-zat yang tidak diperlukan tubuh ke urin sekunder seperti vitamin B dan vitamin C yang berkelebihan, obat, serta hormone yang tidak dibutuhkan tubuh.



Kelainan Pada Ginjal
-Nefritis = peradanagn nefron karena terinfeksi bakteri strepthococcus.
-Uremia = urin bedara dalam darah
-Anuria = tidak mampu membuat urin
-Albuminaria = protein ada dalam darah karena glomerulus bocor
-Diabetus Insipitus = Terjadi karena kekurangan hormone ADH
-Diabetus Meliitus = terjadi karena kekurangan hormone insulin
-batu ginjal = terbentuknya batu ginjal pada pelvis ginjal

Paru-Paru
Paru-paru merupakan organ pernafasan tetapi memiliki peranan dalam sistem eksresi sisa-sisa hasil metabolism berupa karbon dioksida dan air dalam bentuk uap air. Sisa metabolism dari jaringan diangkut oleh darah menuju ke paru-paru untuk dibuang. Proses pembuangan diawali dengan berdiskusinya karbon dioksida dari sel-sel ke dalam darah, melalui cairan jaringan dan akhirnya masuk ke dalam alveolus. Dari alveolus, karbon oksidasi akan dikeluarkan melalui udara yang dihembuskan pada saat ekspirasi.


Hati
Hati merupakan kelenjar terbesar dalam tubuh yang terletak dibagian kanan atas rongga perut. Fungsi hati dalam sistem ekskresi adalah menghasilkan empedu secara terus menerus yang ditampung dalam kantung empedu. Empedu mengandung air, asam empedu, garam empedu, kolesterol, fosfolipid, zat warna empedu dan beberapa ion.

Kulit
Kulit merupakan organ terbesar yang terdapat di seluruh permukaan tubuh dan terdiri dari beberapa jaringan yang memiliki fungsi spesifik. Fungsinya adalah sebagai alat pelindung tubuh terhadap segala bentuk rangsangan. Selain itu, kulit juga berfungsi untuk mengeluarkan keringat yang merupakan salah satu sistem ekskresi.
Berdasarkan strukturnya, kulit terdiri dari dua lapisan yaitu epidermis(lapisan luar) dan dermis(lapisan dalam). Epidermis terdiri dari stratum korneum, stratum lusidum, stratum granulosum, stratum spinosum, dan stratum basale. Stratum korneum mengalami deskuamasi (kehilangan sisik) secara terus menerus pada permukaannya. Sel-sel yang kehilangan sisik tersebut mengalami pemberharuan selama proses keratinisasi(pembentukan zat tanduk/keratin). Dibawah stratum korneum terdapat lapisan yang mengandung butir-butir melanin yang merupakan pigmen hitam pada kulit yang dihasilkan oleh melanosit. Dibawahnya terdapat stratum spinosum dan stratum basale yang merupakan tempat terjadinya proliferasi sel dan awal terjadinya keratinisasi.
Lapisan dermis sebagian besar terdiri dari kolagen, retikuler, dan elastin. Dermis merupakan jaringan penyambung. Pada dermis juga terdapat rambut, pembuluh darah, kelenjar minyak, kelenjar keringat dan saraf. Pengeluaran keringat terjadi dibawah pusat pengaturan suhu yaitu hipotalamus. Aktivitas kelenjar keringat juga dipengaruhi oleh perubahan suhu lingkungan dan suhu didalam pembuluh darah. Ketika suhu meningkat, kelenjar keringat menjadi aktif dan pembuluh darah melebar sehingga aliran darah lebih banyak. Hal tersebut menyebabkan penyaringan air dan sisa metabolism oleh kelenjar keringat meningkat. Meningkatnya aktivitas kelenjar keringat menyebabkan keluarnya keringat dari kulit dengan cara penguapan. Penguapan pada permukaan kulit akan menurunkan suhu sehingga akan mengurangi rasa panas pada tubuh.
 


SISTEM EKSRESI VERTEBRATA
Ginjal pada vertebrata seperti manusia tetapi terdapat beberapa perbedaan struktur dan fungsi tergantung pada lingkungan hidup hewan tersebut. Tipe ginjal pada vertebrata ada beberapa macam, yaitu pronefros, opistonefros, mesonefros, dan metanefros. Pronefros adalah ginjal yang berkembang pada fase embrio atau larva yang selanjutnya akan berubah menjadi mesonefros lalu menjadi metanefros pada akhirnya. Opinefros adalah tipe ginjal yang terdapat pada amfibi ikan.
Pada ikan, ekskrsi terjadi pada sepasang ginjal(opistonefros) memanjang dan berwarna kemerah-merahan. Pada beberapa jenis ikan, contohnya ikan mas, saluran ginjal menyatu dengan saluran kelenjar kelamin yang disebut saluran urogenital. Pada ikan yang bernafas dengan insang, urin dikeluarkan melalui kloaka atau porus urogenitalis dan karbondioksida dilekuarkan melalui insang. Sedangkan pada ikan yang bernafas dengan paru-paru, karbon dioksida dikeluarkan melalui paru-paru dan urin melalui kloaka. Pada ikan yang hidup di air tawar dengan ikan yang hidup di laut memiliki mekanisme ekskresi yang berbeda. Ikan yang hidup di air tawar mengeksresi ammonia dan aktif menyerap oksigen melalui insang, serta mengeluarkan urin dalam jumlah besar. Sebaliknya, ikan yang hidup di laut akan mengekskresikan ammonia melalui urin yang jumlahnya sedikit.

Pada katak, ekskresi terjadi di sepasang ginjal(opestonefros) yang terletak di kanan dan kiri tulang belakang. Ginjalnya berwarna merah kecoklat-coklatan. Ginjal berfungsi sebagai alat penyaring yang akan mengeluarkan zat sisa, yaitu garam-garam mineral dan cairan dari darah. Saluran ekskresi katak merupakan saluran yang akan bermuara di kloaka. Pada katak jantan, saluran ginjal dan saluran kelaminnya menyatu tetapi tidak pada katak betina.
Sistem eksresi pada reptile terjadi pada ginjal(metanefros) yang sudah berkembang sejak embrio. Ginjal ini dihubungkan oleh saluran ke kantung kemih dan langsung bermuara ke kloaka. Selain ginjal, reptile juga mengalami ekskresi pada kelenjar kulit yang meghasilkan asam urat tertentu yang berguna untuk mengusir musuh.

Sistem ekskresi pada burung terjadi pada ginjal(metanefros), paru-paru dan kulit. Sepasang ginjal burung berwarna coklat. Saluran ekskresinya terdiri dari ginjal yang menyatu dengan saluran kelamin pada bagian akhir usus(kloaka). Burung mengsekresi asam urat dan garam. Jika kelebihan larutan garam akan mengalir ke rongga hidung dan keluar melalui nares. Burung hampir tidak memiliki kelenjar kulit tetapi memiliki kelenjar minyak pada tungginya dan kelenjar minyal ini berguna untuk meminyaki bulu-bulunya.
 


SISTEM EKSKRESI INVERTEBRATA
Pada cacing pipih terjadi proses pengeluaran zat sisa misalnya Planaria yang dilakukan melalui pembuluh bercabang-cabang yang memanjang pada bagian samping kiri dan kanan di sepanjang tubuhnya. Setiap cabang berakhir pada sel-sel api (solenosit) yang dilengkapi dengan silia (bulu getar), Saluran ini disebut protonefridium. Silia  pada setiap sel api akan selalu bergerak. Akibat dari gerakan silia tersebut, air atau cairan tubuh dan zat sisa yang sudah disaring di dalam sel api akan terdorong masuk ke dalam saluran ekskresi. Dari saluran ekskresi, cairan tubuh dan zat sisa kemudian dikeluarkan dri tubuh melalui suatu lubang yang disebut nefridiofor.
Cacing tanah yang termasuk ke dalam kelompok Annelida, pada setiap segmen terdapat sepasang ginjal atau nefridum, kecuali pada tiga segmen pertama dan segmen terakhir. Setiap nefridium memiliki corong yang terbuka dan bersilia yang disebut nefrostom. Cairan tubuh ditarik dan diambil oleh nefrostom, yang kemudian masuk ke dalam nefrida yang berupa pembuluh panjang dan berliku-liku. Pada waktu cairan tubuh mengalir melalui nefridia terjadi penyerapan kembali zat-zat yang masih bermanfaat, seperti glukosa, air, dan ion-ion. Zat-zat tersebut diedarkan ke seluruh kapiler sistem sirkulasi. Sedangkan sisa cairan tubuh, seperti air, senyawa nitrogen, dan garam-garam yang tidak diperlukan oleh tubuh akan dikeluarkan melalui ujung nefrostom yang berupa lubang atau disebut nefridiofor.
Alat ekskresi pada serangga disebut tubula atau pembuluh Malpighi. Pembuluh Malpighi merupakan tabung kecil yang panjang. Pembuluh Malpighi terletak dalam homosol dan tergenang di dalam darah. Bagian pangkal pembuluh Malpighi melekat pada ujung anterior dinding usus dan bagian ujungnya menuju ke homosol yang mengandung hemolimfa(darah pada invertebrate dengan sistem peredaran darah terbuka). Pembuluh Malpighi bagian dalam tersusun oleh selapis sel epitel yang berperan dalam pemindahan urea, limbah nitrogen, garam-garam, dan air dari hemolomfa ke dalam rongga pembuluh, lalu diserap kembali secara osmosis di rectum untuk diedarkan ke seluruh tubuh hemolimfa. Sebaliknya, bahan yang mengandung nitrogen diendapkan sebagai Kristal asam urat yang akan dikeluarkan bersama feses melalui anus.



UJI PEMAHAMAN


1.     Apa itu sistem ekskresi?
2.     Sebutkan organ ekskresi pada manusia!
3.     Apa saja bagian ginjal?
4.     Apa saja unsur nefron, sebutkan bagian bagiannya!
5.     Apa saja kelainan pada ginjal yang telah kamu ketahui?
6.     Hormon apa yang diperlukan untuk mengatasi penyakit diabetes mellitus?
7.     Sebutkan tipe ginjal pada vertebrata!
8.     Pada ikan yang bernafas dengan insang, darimanakah urine dikeluarkan?
9.    Organ terbesar pada tubuh adalah …
1.    Kelenjar terbesar pada tubuh adalah …
1.    Pada serangga alat ekskresinya disebut …
1.    Burung menskresi … dan …

*kunci jawaban ada di navigator




28 komentar:

Unknown mengatakan...

Mantap

jyothi kits mengatakan...

Really great blog, it's very helpful and has great knowledgeable information.
testing tools training classes

testing tools training institute

Don mengatakan...

Terima kasih . .sangat bermanfaat

Ibnu mengatakan...

Terima kasih banyak

QuickBooks Payroll Support Phone Number mengatakan...

QuickBooks Payroll Support cell phone number. Well! If you’re not in a position to customize employee payroll in Quickbooks which makes the list optimally, in QB and QB desktop, then read the description ahead. Here, you will get the determination of numerous type of information that QuickBooks Payroll Support Phone Number at hand for assisting the setup process with comfort.

Jamess mengatakan...

The reason us different is quality of one's services inside the given time interval. The locus of your services may be based upon delivering services in shortest span of that time period, without compromising aided by the quality of your services. Our support team is engaged in pre-research to create themselves prepared in advance for the possible errors of QuickBooks Tech Support This practice helps them produce you the specified wind up in the given time window. We are there to assist you 24*7 as we try not to disassociate ourselves together with your troubles even through the wee hours.

Blogsilly mengatakan...

How to contact QuickBooks Payroll support?
Different styles of queries or QuickBooks related issue, then you're way in the right direction. You simply give single ring at our toll-free intuit QuickBooks Payroll Contact Phone Number
. we are going to help you right solution according to your issue. We work on the internet and can get rid of the technical problems via remote access not only is it soon seeing that problem occurs we shall fix the same.

Jamess mengatakan...

QuickBooks Enterprise Support Number has a team from it experts which can help you for several quickbooks technical issue releted to these :- QuickBooks Enterprise users usually are professionals or employees performing specific task defined inside their mind like purchase personal will create Purchase orders, Inventory controller will create Inventory Items and enter inventory details to it, Sales personal will generate customer invoices, Vendor developer will show up into vendor creation and payments and finance managers will require financial decisions looking at the financial reports

JimGray mengatakan...

QuickBooks accounting software is among the topmost, best and a lot of preferred business accounting software for small business owners or entrepreneurs. It really is regarded as the greatest accounting sofware for business management with many advanced services and features. And QuickBooks Payroll application is probably the most useful accounting service that may perform all payroll functions for activating the smooth functioning of the business. But many entrepreneurs in a few critical or troubling situation encounter various sort of error. If you're your small business entrepreneur or have any trouble managing your online business or employes pays, or have any other Quickbooks or accounting related trouble, then immediately contact our Accounting professionals or Quickbooks customer service or Quickbooks payroll support team through our toll-free QuickBooks Payroll Support Phone Number Here you can get the very best support for many Quickbooks functional or technical issue.

JimGray mengatakan...

Top features of QuickBooks Payroll service would be the main elements of customer attraction. These features are crucial in deciding how good the payroll service is within QuickBooks. Let’s check out the primary options that come with QuickBooks Payroll Support Phone Number.

steffan mengatakan...

With the aid of QuickBooks Payroll Technical Support
, you can easily create employee payment on time. In any case, you are facing some problem when making use of QuickBooks payroll such as issue during installation, data integration error, direct deposit issue, file taxes, and paychecks errors, installation or up-gradation or perhaps about just about any than you don’t panic, we provide quality QuickBooks Payroll help service. Here are some features handle by our QB online payroll service.

QuickBooks Payroll Support mengatakan...

This becomes one of several primary reasons for poor cashflow management in lot of businesses. It's going to be the time for QuickBooks Technical Support Number help. The traders can’t earn money. But, we have been here to support a forecast.

QuickBooks Payroll Support mengatakan...

It is rather possible you can face trouble while installing QuickBooks Pro software since this essentially the most universal problem. You don't have to go any where if you encounter any difficulty in QuickBooks Installation, just call us at QuickBooks Tech Support Phone Number and experience matchless support services.

rdsraftaar mengatakan...

Our QuickBooks Enterprise Support also also includes handling those errors that usually occur as soon as your type of QuickBooks has been infected by a malicious program like a virus or a spyware, which could have deleted system files, or damaged registry entries. Moreover, our QuickBooks Enterprise Customer Support Team also handle almost any technical & functional issue faced during installation of drivers for QB Enterprise; troubleshoot just about any glitch that may arise in this version or perhaps the multi-user one. QuickBooks Enterprise is a highly advanced software suit that gives you more data handling capacity, more advanced and improved inventory management features and support for handling multiple entities at a time. This software suit is great for companies that have outgrown the entry level accounting software requirements and therefore are now hunting for something more powerful and much more feature rich to address more business functions in a much lesser time.

rdsraftaar mengatakan...

QuickBooks Enterprise technical support enables you to manage your business operations by getting you the most recent versions of QuickBooks Enterprise like QuickBooks Enterprise 2019. Just dial QuickBooks Enterprise Support Phone Number to learn the pros and cons of accounting software with the aid of our QuickBooks tech support members.

Jamess mengatakan...

QuickBooks Tech Support Phone Number Inuit Inc has indeed developed an excellent software product to manage the financial needs associated with the small and medium-sized businesses. The name regarding the application is QuickBooks. QuickBooks, particularly, doesn't have any introduction for itself. But one who is unknown to this great accounting software, we wish one to give it a try.

Mathew mengatakan...

Sales calculations: a person can quickly project the sales of this business. Our QuickBooks Tech Support Number will certainly provide you learn how to make a projection to the business about the sales it offers produced in an occasion period.

kevin32 mengatakan...

Our 24 hours available QuickBooks Enterprise Tech Support channel provides on demand priority support to each and every customer without compromising with the quality standards. You named an error and we have the solution, this is one of the most luring features of QuickBooks Enterprise Support Phone Number channel available on a call.

kevin32 mengatakan...

QuickBooks Tech Support Number have trained staff to soft your issue. Sometimes errors may also happen as a consequence of some small mistakes. Those are decimals, comma, backspace, etc. Are you proceed through to cope with this? Unless you, we have been here that can help you.

QuickBooks Support Phone Number mengatakan...

Either it really is day or night, we offer hassle-free tech support team for QuickBooks and its particular associated software in minimum possible time. Our dedicated technical team can be obtained to be able QuickBooks Tech Support Phone Number to 24X7, 365 days a year to be sure comprehensive support and services at any hour.

QuickBooks Payroll Support mengatakan...

Our research team is always prepared beforehand because of the most appropriate solutions which are of great help much less time consuming. Their pre-preparedness helps them extend their hundred percent support to any or all the entrepreneurs along with individual users of QuickBooks Customer Service Phone Number.

steffan mengatakan...

If you'd like any help for QuickBooks errors from customer support to obtain the means to fix these errors and problems, it is simple to connection with QuickBooks Support Tech Support to get instant assistance with the guidance of our technical experts.

steffan mengatakan...

With all the emerging and competitive era of technology QuickBooks Support proudly stands using its Products and humongous client base, catering these with periodic updates and upgrades. QuickBooks Desktop support is fortified with highly secure and advanced technology remote access tools and experienced, Intuit QuickBooks Desktop certified Pro-Advisors to care all the issues related to Accounting or QuickBooks Software and Database errors.

tom wick mengatakan...

If you’re interested in small-business accounting solutions, the very first thing experts and happy costumers will recommend you is QuickBooks by Intuit Inc. Intuit’s products for construction contractors through the Quickbooks Pro, Simple Start Plus Pack, QuickBooks Support Contractor, and Quickbooks Enterprise Solutions: Contractor.

QuickBooks Support Phone Number mengatakan...

How come us different is quality of one's services within the given time interval. The locus of the services should be based on delivering services in shortest span of that time, without compromising along with the QuickBooks Support Phone Number quality of one's services.

jameswill11 mengatakan...

QuickBooks Tech Support Phone Number Online, QuickBooks Desktop, QuickBooks Accountant and QuickBooks Self-Employed will be the widely used versions of QuickBooks to deal with the accounting procedure of a company.

kevin32 mengatakan...

Every one of these QuickBooks Payroll Technical Support Number have different type of effect based upon their usage. Both Basic and Enhance Payroll have 2 kinds of billing, namely annual andmonthly. The past one in other words. assisted payroll one is the most costly one and it also comes just with annual billing.

Blogsilly mengatakan...

Runtime errors are generally caused by incompatible programs running at the same time. It may also occur because of memory problem, a bad graphics driver or virus infection. If you would like to learn How To Troubleshoot Quickbooks Error 9999, you can continue reading this blog.

Posting Komentar